Selasa, 01 Januari 2013

Shio Macan Mendulang Kesuksesan

** Prediksi Tahun 2013, Tahun Ular Air

Seperti biasa, datangnya tahun baru masehi, akan disusul datangnya tahun baru berdasarkan Tong Shu. Ini merupakan kalender yang dipakai oleh masyarakat Cina sejak 5.000 tahun lalu. Tahun 2013 menurut kalender Cina masuk Tahun Ular Air.

Penanggalan ini dibuat berdasarkan gravitasi bulan yang dipadukan dengan pergerakan matahari dan perputaran bumi. Hasilnya, manusia akan mengetahui bila sebuah musim akan berganti dan akan berakhir.
Menurut Thong Shu, tahun 2013 ini, adalah tahun Naga berelemen air akan berganti menjadi tahun Ular yang juga berelemen sama. Namun ada dualisme di kalangan pakar feng shui.
Ada yang bilang, bahwa tahun Ular Air dimulai pada tahun baru Imlek yag jatuh pada 10 Februari 2013. Tapi tak sedikit yang menghitung bahwa pergantian tahun dimulai 4 Februari.
Perbedaan yang muncul di kalangan pakar feng shui, bukan hanya menyangkut dimulainya awal tahun yang baru. Tapi juga prediksi perjalanan hidup umat manusia yang dihitung berdasarkan tahun kelahirannnya.
Ada yang menyimpulkan, orang yang lahir di tahun tikus (1948, 1960, 1972, dst) akan mengalami banyak hambatan (tidak beruntung) dalam mengarungi hidup di tahun ular.
Tapi sebagian pakar lainnya menilai, manusia tikus di tahun ular akan masuk ke dalam kelompok yang bernasib sedang. Artinya tidak beruntung betul, tapi juga tidak ciong (sial).
Beda prediksi juga terjadi pada peneropongan perjalanan nasib orang bershio monyet. Beberapa pakar berkesimpulan, orang yang lahir di 1944, 1956, 1968 dan seterusnya mempunyai peruntungan yang buruk di 2013.
Tapi ada juga ahli yang mengatakan shio ni ‘tidak sial-sial banget’. Konon, dengan keunggulannya berupa kecerdasan, orang shio monyet bisa dengan cepat mengatasi masalah yang menimpa dirinya.
Keseragaman ramalan para pakar hanya terjadi pada empat shio yakni macan, babi, ayam dan kerbau. Mereka sepakat orang yang lahir di tahun macan (1950, 1962, 1974 dst) dan yang lahir di tahun babi (1947, 1959, 1971 dan seterusnya) bernasib kurang beruntung di tahun ular.
Sementara yang mendulang kesuksesan adalah orang-orang yang lahir di tahun macan seperti Presiden SBY (1949) dan yang lahir di tahun ayam (1945, 1957, 1969 dan seterusnys).
Boleh percaya, boleh tidak, menurut sejumlah pakar feng shui, shio ular air melambangkan tahun 2013 yang tidak stabil. “Seperti sifat ular, ini merupakan tahun yang buas dan penuh tipu daya,” kata Asminur Sofyan Udin, ahli feng shui yang mantan pengajar di Sastra China Universitas Indonesia.
Indra Sasmita, seorang pakar lainnya, juga berpendapat sama. Kata dia, menjelang Pemilu 2014, politik bukan sekadar menghangat tapi cenderung memanas. Alasannya, selain elemen air yang dominan, 2013 juga mengandung unsur api.
 “Dan yang terjadi, negeri ini bukan hanya diramaikan oleh gejolak politik, tapi berbagai bencana alam juga akan turut menyusahkan,” katanya.
Banjir, gempa bumi, angin putting beliung diperkirakan masih akan marak. “Bencana yang terjadi di 2012 akan mencapai puncaknya di tahun depan,’ kata seorang pakar lainnya.
Lantas bagaiaman dengan nasib perekonomian? Djohar Koh, melihat Indonesia tetap akan mencatatkan pertumbuhan yang lumayan baik. Kendati, krisis tengah melanda berbagai negara maju. “Indonesia ini lahir di tahun ayam (1945), jadi bagus,” katanya.
Pemangku Padepokan Silaturahmi Semarang Ustad Muhammad Adi Tidar menyebutkan, apapun prediksi yang dikemukakan para pakar fengsui maupun kejawen, sebatas untuk introspeksi dan antisipasi.
"Tidak perlu terlalu meyakini sesuatu yang belum tentu terjadi. Cukup dijadikan bahan introspeksi, jika hasil ramalan tidak baik kita harus lebih mawas diri, semakin berhati-hati dan mendekatkan diri pada Allah SWT," tandasnya. (mis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar